Sabtu, 07 Desember 2013
0 komentar

Tutorial Scan Buku Menjadi File Microsoft Word

Sabtu, 07 Desember 2013

Banyak mahasiswa yang mengeluh kadang jika diberikan tugas bedah buku, apa lagi buku yang dibedah bukan dari bahasa indonesia. Bisa jadi buku yang dibedah berbahasa inggris. Pasti menyulitkan untuk menterjemahkan buku tersebut jika harus mengartikan satu persatu. Cara yang mudah adalah menggunakan google translate untuk menterjemahkannya. 

Lalu bagaimana mengkopi teks dalam buku untuk bisa di paste kedalam google translate? Apa kita harus mengetik buku tersebut terlebih dahulu? Jawabnya adalah tidak perlu repot-repot, karena perkembangan teknologi dapat mempermudah pekerjaan tersebut. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

Anda bisa membuat tulisan dalam buku menjadi file Microsoft Word dengan mudah. Alat yang diperlukan adalah scaner dan laptop tentunya. Sedangkan software yang perlu anda instal dalam laptop anda adalah ABBYY Fine Reader. Dengan aplikasi ini anda dapat mengubah teks dalam format gambar menjadi teks dalam format Microsoft Word. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut disini

Langkah-langkah untuk mengubah teks dalam buku menjadi teks dalam format MS Word yaitu:
  1. Instal aplikasi ABBYY Fine Reader kedalam laptop anda
  2. Koneksikan laptop anda dengan scaner (pastikan driver scaner sudah terinstal agar scaner bisa bekerja)
  3. Setelah aplikasi ABBYY Fine Reader teristal dengan benar dalam laptop anda, lalu buka aplikasi tersebut
  4. Akan muncul opsi seperti berikut
  5. Pilih Scan to Microsoft Word (pastikan scaner sudah terhubung dengan benar)
  6. Akan muncul tab scan, lalu tekan scan untuk memulai membaca buku yang anda taruh kedalam mesin scaner.
  7. Setelah selesai menscan semua buku, tekan  close maka aplikasi akan memulai memproses untuk membaca setiap halaman dan jika sudah selesai maka aplikasi akan secara otomatis menampilkan hasilnya dalam format Microsoft Word. berikut tampilan aplikasi ini ketika sudah selesai membaca semua buku yang anda scan.
Mudah kan. Setelah itu anda dapat menterjemahkan buku tersebut dengan bantuan google translate. Untuk cara menterjemahkan melalui google translate ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Anda dapat membaca artikel tentang menterjemahkan teks melalui google translate untuk lebih memahami cara menterjemahkannya

Jika suka dengan Artikel ini Klik Like/Suka ya. Terima kasih
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top